Wednesday, November 20, 2019

Melihat Ekonomi di India Beberapa Tahun Belakangan

Melihat Ekonomi di India Beberapa Tahun Belakangan
Sejak beberapa tahun yang lalu. Baru tahun 2014. India mendapatkan Perdana Menteri Baru dalam bentuk Shri Narendra Damodar Modi yang Terhormat.
Harapan yang berlimpah terutama di bidang ekonomi. Di satu sisi berbohong kebijakan ekonomi sederhana rezim saat ini yang hampir bertentangan dengan Doktrin Ekonomi Dr Manmohan Singh, Perdana Menteri yang dulu sekaligus pensiunan ekonominya.

Perdana Menteri saat ini lurus dan pragmatis dalam pendekatannya. Kebijakan dan rencananya mudah dimengerti. Mereka tidak perlu orang Inggris untuk dipahami. Skema dan kebijakan bertemu dengan skeptisisme awal saat mereka mengenakan cap satu kapal menurut kritikus.
Perdana Menteri dengan cepat mengurangi suku bunga tabungan kecil.

Petroleum, yang merupakan masalah tersentralisasi dan merupakan topik sakral untuk tidak disentuh didesentralisasi. Hasilnya adalah lebih banyak kebebasan bagi konglomerat swasta yang pada akhirnya memberikan dividen yang tidak terlalu buruk. "Pradhan Mantri Ujjwala Yojana" dapat dinyatakan sebagai contoh yang baik.

Langkah paling kontroversial muncul dalam pelarangan uang kertas. Awalnya itu melewati banyak skeptisisme tetapi janganlah kita mempertanyakan keberhasilan atau kegagalannya. Memang pada titik tertentu menimbulkan ketakutan untuk meronta-ronta uang tunai yang tidak diinginkan di dompet ke jantung individu dengan kantong dalam.

Perdana Menteri dan timnya tidak kehabisan tenaga. Mereka memulai GST. Pengenalan UU Barang dan Jasa (GST) membuat seluruh penjual dan pengecer berhati-hati dan mungkin tidak ada yang dijual tanpa tagihan yang sesuai.

Semua ini tidak mungkin terjadi tanpa Reserve Bank menganggukkan kepalanya. Tuan Raghuram Rajan memungkinkan hal itu terjadi. Tapi mungkin fakta yang paling ketat berbohong dalam implementasi Skema Prandhan Mantri Jan Dhan.

Dalam skema ini, setiap orang tanpa rekening bank diberikan rekening bank saldo nol yang dilengkapi dengan asuransi inbuilt. Asuransi selanjutnya diberikan setelah pembayaran premi tertentu. Ini tentu saja memberikan rasa aman finansial di antara mereka yang kurang beruntung.
Jadi bagaimana kebijakan ekonomi Perdana Menteri yang terhormat berbeda dari rekan-rekannya yang dulu?

Jawabannya sederhana. Penghapusan tengkulak dan prosedur kompleks sebelum implementasi skema. Setiap skema diberitahukan dan dijelaskan kepada publik secara rinci. Orang-orang biasa tahu bahwa Perdana Menteri mereka dapat diakses oleh mereka. Banyak pujian pasti ditujukan kepada Tuan Arun Jaitley untuk itu. Tidak pernah Strategi Ekonomi lebih jernih dan seseorang harus memberikan kredit kepada orang yang bertanggung jawab untuk itu.
Banyak yang harus dicapai. Kami yakin bahwa di tangan Perdana Menteri India yang Terkemuka dan Menteri Keuangan India yang terhormat, Nirmala Sitharaman yang terhormat, India akan menyentuh angka 5 triliun Dolar.

India sedang mendekati hari kemerdekaannya yang ke-73 dan karena pada kesempatan ini mari kita ucapkan selamat kepada Perdana Menteri India yang Terhormat Bapak Narendra Damodar Modi dan timnya karena menempatkan India sebagai radar dunia. Skeptis mungkin terdengar bahwa ya India telah menjadi Kekuatan Super. Inilah saatnya bagi generasi selanjutnya untuk melihat India yang jauh lebih kuat dan merasa bangga karenanya. Merasa sangat bangga dengan negara Anda. Biarkan Tricolor terbang tinggi selamanya.

No comments:

Post a Comment